CLICK HERE FOR THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Foto-Foto Nathaniel Santoso

Lilypie 4th Birthday Ticker

Thursday, April 24, 2008

Nasi Campur Gudeg


Description:
Bingung dech mau dikasih nama apa. bikin ini gara2 kemaren lagi ngidam makan nasi campur kayak gini yang dijual di Pendawa.Tapi pas waktu kemaren ke sana gak jadi beli soal kelitannya gak menarik seperti biasanya. Mungkin penjualnya lain kali ya. Mana mahal lagi $ 6 sebungkus, biasanya cuman $3.5-$4, apa karna barang dan bensin pada naik , jadinya nasi campurnya ikut naik juga kali ya???? Kalo nasi campur yang dijual di pendawa mahh lauknya gak sebanyak ini ,paling juga cuman 3 atau 4 macam doang mana dikit lagi, yang paling gua gak deman adalah nasinya kayak batu..hehehe..keras sekali.......aku maklum sech kalo orang jualan pasti pakai beras yang murah , kalo paki beras mahal kan untungnya gak ada......So...jadi untuk mengobati rasa rindu nasi campur pendawa aku bikin aja sendiri.......

Ingredients:
Bahan buat Gudeg :
500gr nangka muda , potong2 ( aku pakai nangka kaleng)
6 butir telur, rebus
3 lembar daun salam
2 ptg lengkuas, 2 cm memarkan
air kelapa dari 2 butir kelapa (aku pakai 1 kaleng air kelapa)
1.500 cc santan cair ( aku pakai 1/2 kaleng santan kaleng)
100 gram gula merah
3 sdm kulit bawang merah cuci bersih (aku gak pakai, soalnya kalo makan repot buang kulit bawangnya)

Bumbu Halus :
6 buah bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdm ketumbar haluskan
4 butir kemiri, sangrai
garam secukupnya

Untuk Ayam Kalasan bisa lihat di sini
(bisa juga tambahkan tahu , tempe maupun hati dan ampla)
Untuk Mie goreng silahkan lihatdisini
( untuk resep mie ini saya cuman pakai sayur dan bakso saja

Pelengkapnya :
Kerupuk dan sambal terasi


Directions:
Cara membuat gudeg :
1. Masukkan potongan nangka muda, telur, bumbu yang dihaluskan,gula merah, air kelapa , daun salam, lengkuas dan kulit bawang merah ke dalam panci.
2. Rebus diatas api sedang tanpa mengaduk sedikitpun hingga air tinggal sedikit.
3. Masukkan santan encer, masak lagi dengan api kecil dan sekali2 diaduk dengan sendok kayu sambil menghancurkan potongan nangka.
4. Angkat setelah santan mengering.
Photobucket

0 comments: