CLICK HERE FOR THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Foto-Foto Nathaniel Santoso

Lilypie 4th Birthday Ticker

Wednesday, April 9, 2008

Pempek Mama Tasya


Description:
Tiap hari lihat postingan orang2 MP pada bikin mpek2 bikin ngiler aja...dari Yeni, Carla dan Inge...akhirnya iman gak kuat tergoda juga untuk membuatnya. Nikin mpek2 ini bukanlah pertama kali buat aku...tapi yang sudah kesekian puluh kali .....hehe...kadang2 jadinya enak, tapi kurang kenyal, atau kurang apalah...pokoknya gak ada yang pas banget.......dech...
Nah......ini hasil intip (ketahuan nech suka intip punya orang) punyanya mama Tasya yang cantik , dimana pempeknya kelihatan enak dan yang pentingnya lagi jelas banget cara membuatnya sampai dikasih lihat step by step.......dan hasil..okey banget...lo.....walaupun bentuknya masih gak karu2an terutama yang kapal selam, bocor terus bo...akhirnya isinya cuman putih telur , lain kali coba lagi..hihi
Ma kasih ya mama Tasya atas resepnya....
silahkan lihat,di sini dan ,step by stepnya di sini

Ingredients:
Bahan pempek
500 gr ikan tenggiri siap pakai (aku gak tahu pakai ikan apa, pokoknya fish paste, mana warnanya pink lagi, makanya pempeknya jadinya pinky banget hihi..- ) (ikan yang aku pakai gak sampai 500gr, cuman 1 lb saja , jadi sekitar 454gr , makanya bahannya aku kurangi dikit)
75 ml air (aku pakai 50ml, itupun mau kaliskan setengah mati hihi)
6 siung bawang putih
air 500 ml (aku pakai 400ml)
50 gr tepung terigu (aku pakai 40 gr)
500 gr tepung tapioca (bisa lebih dan bisa kurang)-(kalo ini aku asal cemplung sampai kali, agak banyak juga sech)
1 sdt garam.

BAHAN CUKA:
50gr asam jawa (aku pakai tamarin cair , 5 sdm)
200 gr gula merah disisir
2 sdm gula pasir
1 ltr air
7 bh cabai rawit dihaluskan (aku pakai 2 sdm cabe ulek)
5 siung bawang putih dihaluskan
30 gr ebi disangrai lalu dihaluskan (ebinya aku buat taburam dan gantinya aku kasih tong cai..)
2 sdt garam
2 sdm kecap manis
cuka kalo kurang asem
(Yen..aku cukonya ganti haluan dikit ya....)

Photobucket

0 comments: