CLICK HERE FOR THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Foto-Foto Nathaniel Santoso

Lilypie 4th Birthday Ticker

Sunday, April 27, 2008

Sambal Goreng Ikan Makarel


Description:
Duh...kemaren beli ikan kecil2 frozenan , sebenarnya gua gak tahu ikan apa itu soalnya aku cuman tanya suamiku mau makan gak ikan ginian dan dimasak apa? Jawabnya mau dan biasanya mamanya masak pedas2 gitu . Ya sudahlah disaut aja ikannya. Ternyata tadi pagi waktu mau bersihkan aku baru baca tenyata ikan makarel hahaha........
aku biasanya beli yang fresh dan ukurannya agak gedean dan aku biasanya masak acar kuning atau cuman digoreng. Nah kali ini aku cuman coba2 saja masak seperti ini dan ternyata suamiku menyukainya cuman agak keasinan dikit (haha...mau kawin lagi....)

Ingredients:
5 ekor makarel ukuran kecil, bersihkan
1 sdm lime juice
5 siung bawang putih,haluskan
merica dan garam secukupnya
3 sdm tepung beras

Bumbu halus :
5 buah bawang merah
3 siung bawang putih
2 sdm cabe ulek
2 sdm saus tomat
1/2 sdm terasi bakar
garam dan gula secukupnya



Directions:
1. Cuci bersih ikan dan lumurin dengan lime juice, diamkan 10 menit setelah itu cuci lagi dan tiriskan.
2. Lumuri ikan dengan bumbunya dan biarkan 30 menit.Setelah itu balutin ikan dengan tepung beras.
3. Goreng ikan dalam minyak banyak dan panas dengan api sedang hingga kering dan berwarna kecoklatan, tiriskan.
4. Tumis bumbu halus sampai wangi, cicipi kalo rasanya sudah pas, masukkan ikan dan aduk2 hingga ikan berbalut dengan bumbunya.
5. Angkat sajikan dengan nasi panas.

Photobucket

0 comments: